-------------------------------****VISITING MY WORDPRESS AND CLICK HERE*****--------------------

Cool Blue Outer Glow Pointer

Kamis, 17 Januari 2013

-----<< Kuliah Al-qur’an dan Hadits >>-----


Sebagai pendahuluan, saya akan memaparkan begitu pentingnya kajian dan pendalaman al-Qur’an dan Hadits. Al-Qur’an adalah nash yang berisikan semua kebenaran, dan memuat semua pengetahuan. Al-qur’an adalah satu- satunya firman Tuhan yang diyakini secara autentik, bukan hanya milik orang Islam saja, bahkan mayoritas para pakar yang intelektual non-muslim pun meyakini. Kesesuaian al-Qur’an dalam bentuk mushaf ini ada dan abadi sampai akhir zaman, yang Ia (Tuhan)wahyukan melalui Jibril as ke pada Nabi Muhammad Saaw. 

Sebuah konsepsi bagi Muslim, bahwa keyakinan terhadap al-Qur’an adalah salah satu urgensitas, meragukannya atau hingga sampai ragu akan keasliannya, maka keislaman dan keimanannya perlu dipertanyakan. Karena al-Qur’an adalah pedoman hidup, menghantarkan seluruh gerkan kehidupan di dunia guna mewarnai akhirat nanti. 
Al-Qur’an juga merupakan tolok ukur bagi kebenaran dan kevalidan setiap hadits yang diriwayatkan Nabi Muhammad Saaw. Dan begitu juga sebaliknya, bahwa al-Hadits itu sendiri memperjelas makna al-Qur’an karena betapa tingginya kalam ilahi, agar manusia dapat lebih memahaminya.  Al-Qur’an dan hadits inilah pembeda antara kebenaran dan kebathilan, kesesatan dan kelurusan pilihan hidup. Setiap kata-kata dari al-Qur’an mengandung warna-warni seluruh hidup manusia, dan juga membimbing manusia pada keselarasan dalam menjalani hidup ini.
Hadits adalah kalam dari Nabi Muhammad Saaw, dan setiap kalam Nabi adalah wahyu dari Allah Swt, sehingga hadits adalah kalam ilahi juga yang harus diyakini oleh ummat islam, adapun non- muslim saya belum tahu mereka yakin apa tidaknya. Namun , hadits ini sekarang banyak adanya pergulatan dan perubahan , hingga banyaknya pemalsuan hadits yang disandarkan pada Nabi Muhammad Saaw. Tapi tidak dengan al-Qur’an , allah swt telah menjaganya hingga akhir zaman “ Sesungguhnya Kami-lah ( Allah ) yang menurunkan al-qur’an, dan sesungguhnya Kami lah yang menjaganya.” ( Qs.al-Hijr: 9)
Inilah alasan kuat bahwa al-Qur’an adalah pedoman manusia, tanpa ini maka makna hidup manusia ini, tidaklah ada kebenaran sejati. Dengan al-Qur’an, kita warnai semua yang akan kita kerjakan. Warnai kata-kata dan ucapan dengan al-Qur’an, begitu juga hadits Nabi. Hanya saja catatan untuk hadits kita perlu meneliti periwayatan shohihnya, dan untuk menemukannya adalah dengan merujuk pada al-qur’an itu sendiri.
Baik itu al-Qur’an berbentuk mushaf maupun al-Qur’an natiq. Siapakah al-Qur’an natiq? Untuk membahas itu semua, akan saya paparkan dalam kategori yang lain. Tertarik ? Selamat menemukan di blog saya ini……J



0 comments:

Posting Komentar

 
Sumber : http://abitalita.blogspot.com/2012/10/membuat-tombol-scrolling-top-down.html#ixzz2H6Mltfr4 Read more: http://www.bocahit.com/2012/07/cara-memberi-efek-ketikan-pada-nama.html#ixzz2HxW6Nark