-------------------------------****VISITING MY WORDPRESS AND CLICK HERE*****--------------------

Cool Blue Outer Glow Pointer

Kamis, 17 Januari 2013

-----<< Catatan Imam Ali al-ridho as >>-----



Sebelum memaparkan beberapa catatan penting manusia mulia ini, hedaknya kita mengetahui siapakah beliau ini. Nama beliau adalah Abul hasan Ali al-ridho bin Musa al-kadzim bin ja’far al-shadiq bin Muhammad al-baqir bin Ali zainal abidin bin Husein al-syahid bin Ali
al-murtadho bin Abi thalib adik dari Abdullah (Abdullah bin abdul muthallib adalah ayah Nabi Muhammad al-musthafa rasulullah Saaw ), Beliau lahir di kota Rasulullah ( Madinah), pada tahun 148 H. Al-ridho adalah salah satu julukannya.Imam Ali al –ridho lahir 16 tahun setelah tumbangnya dinasti umayah dan berdirinya dinasti Abbasiah.

Imam as adalah pelanjut misi datuknya Rasulullah Saaw dan imam ali bin abi thalib, beliau hidup dan tumbuh di bawah bimbingan ayahnya ( imam musa al-kadzim bin ja’far al-shadiq), dengan akhlaq, perilaku mulia, nilai – nilai keislaman dan keimanan, serta kataqwaan. Semua itu menjadi mendaging dalam semua perilaku imam as.
Dari imam dan wasyi rasul yang lainnya as ajaran Rasul Saaw tersebar dan terjaga, dan berpegang teguh dengan mereka inilah akan menghasilkan keselamatan dunia akhirat. Sebagaimana sabda Rasulullah Saaw “ Aku tinggalkan kepada kalian ( ummat manusia) tsaqalain ( dua pusaka) kitabullah wa ‘itrati ( al-qur’an dan keluargaku) dan keduanya ini tak akan pernah selamanya terpisahkan , dan jikalau kalian berpegang teguh dengan keduanya tidak akan tersesat selama- lamanya” ( shahih muslim , darus salama , al-riyadh, 1998, hal. 1061  no hadits 6225-6227).
Itulah biographi singkat imam ali ridho as, dan untuk lebih tahu lengkapnya saya akan bahas dalam kategor”Sejarah manusia teladan “. Selama hidupnya ini imam memberikan sebuah catatan kepada kita ummat manusia semuanya, inilah catatan belaiau:
1)     “Tidaklah seorang mukmin disebut sebagai mukmin (yang hakiki) sehingga ia menyandang tiga karakter, yaitu mengikuti hukum Allah Swt, sunnah Rasulullah-Nya, dan sunnah Wali-Nya. Adapun mengikuti hukum Allah swt adalah menyimpan rahasia. Sebagaimana Allah swt berfirman “ Dia  ( Allah Swt) yang mengetahui segala yang tersembunyi dan tidak mengabarkan kepada siapapun kecuali kepada orang – orang yang telah dapat kerelaan-Nya.”  Adapun sunnah Rasul-Nya yaitu berusaha untuk beradaptasi dengan manusia di sekelilingnya. Sesunguhnya Allah Swt memerintahkan Nabi-Nya untuk beradaptasi dengan selain-Nya, sebagaimana firman-Nya, “ Mintalah maaf dan perintahkanlah berbuat kebajiakan.” Adapun mengikuti sunnah wali-Nya yaitu hendak bersabar di saat ada kesulitan dan bencana.”
2)     “ Orang yang memiliki nikmat ( keberuntungan) haruslah berbagi dengan keluarganya.”
3)      “ Di antara akhlaq para nabi adalah menjaga kebersihan.”
4)     “ Seorang yang jujur tidak akan menipumu, akan tetapi terakadang kamu mempercayakan sesuatu kepada seorang penipu.”
5)     “ Sesungguhnya diam itu merupakan salah satu dari pintu mendapatkan hikmah. Dan diam itu akan membuahkan kecintaan serta akan menjadi petunjuk pada setiap kebaikan.” 
6)     “ Menunjukkan kasih sayang pada orang lain adalah setengah dari akal.” 
7)      “ Sesungguhnya Allah Swt membenci perdebatan yang tidak bermanfaat serta pemborosan harta dan banyaknya pertanyaan tentang hal- hal yang tidak ada manfaatnya.”
8)     “ Imam Ali ridho  ditanya tentang ciri seorang hamba yang baik. Maka imam menjawab , yaitu orang yang gembira saat berbuat kebaikan , segera memohon ampunan jika bersalah, dan apabila mendapatkan suatu nikmat ia segera bersyukur , sedang bila ditimpa musibah ia bersabar. Dan apabila marah ia segera memaafkan.” 
9)     “ Imam Ali ridho as ditanya tentang tawakkal , maka imam as berkata “ Hendaklah kamu tidak takut kepada seorang pun selain Allah Swt.”
10) “ Di antara perbuatan sunnah adalah memberikan makanan disaat pernikahan.”
11)  Imam ali ridho as berkata, iman itu ada empat perkara ; tawakkal kepada Allah swt, ridha dengan ketentuan –Nya, pasrah kepadan-Nya, dan meyerahkan segala urusan hanya kepada-Nya. Maka seorang hamba yang saleh akan berkata “ aku serahkan urusanku kepada Allah Swt”. Maka Allah swt melindunginya dari keburukan – keburukan yang mereka tidak harapkan.
Insya allah catatan imam ini dapat mewarnai gaya hidup kita semua, amien…J

0 comments:

Posting Komentar

 
Sumber : http://abitalita.blogspot.com/2012/10/membuat-tombol-scrolling-top-down.html#ixzz2H6Mltfr4 Read more: http://www.bocahit.com/2012/07/cara-memberi-efek-ketikan-pada-nama.html#ixzz2HxW6Nark